Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Sasaran Pukulan Forehand Drive dan Backhand Drive Pada Permainan Tenis Meja Ditinjau Dari Koordinasi Mata Tangan

Fadjri, Mukharrar (2024) Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Sasaran Pukulan Forehand Drive dan Backhand Drive Pada Permainan Tenis Meja Ditinjau Dari Koordinasi Mata Tangan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mukharrar fadjri_22632254001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh latihan multiball terhadap ketepatan sasaran pukulan forehand dan backhand drive. (2) Untuk mengetahui perbedaan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan ketepatan forehand drive pada permainan tenis meja. (3) Untuk mengetahui perbedaan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan ketepatan Backhand drive pada permainan tenis meja. (4) Untuk mengetahui Interaksi Latihan Multiball terhadap Ketepatan sasaran Pukulan Forehand dan Backhand drive pada pemain tenis meja. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah anggota PTMSI Kabupaten sinjai. Sampel berjumlah 20 dengan menggunakan Teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Pengukuran. Instrumen test mengukur ketepatan sasaran pukulan forehand dan backhand drive dengan menggunakan metode Latihan multiball dan Tes Koordinasi Mata Tangan menggunakan ball was test. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA (two way MANOVA ) dan dilanjutkan uji tukey Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh latihan multiball terhadap ketepatan sasaran pukulan forehand dan backhand drive. (2) Ada perbedaan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan ketepatan forehand drive pada permainan tenis meja dengan nilai signifikan 0,000. (3) Ada perbedaan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan ketepatan Backhand drive pada permainan tenis meja dengan nilai signifikan 0,001. (4) ada Interaksi Latihan Multiball terhadap Ketepatan sasaran Pukulan Forehand dan Backhand drive pada pemain tenis meja.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: multiball, pukulan forehand, pukulan backhand, koordinasi mata tangan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:52
Last Modified: 22 Mar 2024 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81468

Actions (login required)

View Item View Item