Model Pembelajaran Multikultural pada Anak Usia Dini Menggunakan Storytelling Berbasis Cerita Rakyat.

Maisura, Maisura and Hanum, Farida (2023) Model Pembelajaran Multikultural pada Anak Usia Dini Menggunakan Storytelling Berbasis Cerita Rakyat. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_maisura_16703261057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan produk, dan mengetahui efektivitas produk dari model pembelajaran multikultural pada anak usia dini menggunakan storytelling berbasis cerita rakyat. Prosedur penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan sesuai kebutuhan peneliti yang melibatkan empat langkah utama, yaitu 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan), dan 4) Disseminate (penyebaran). Uji coba lapangan dilakukan di TK Pelita Bangsa Juli, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dengan jumlah subyek penelitian 10 orang anak TK kelompok B. Uji efektivitas dilakukan di TK Nusa Indah Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dengan jumlah subyek penelitian 20 orang anak TK kelompok B. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data validasi ahli dan data uji coba produk dilakukkan menggunakan skala likert, dan uji efektivitas dilakukan uji statistik nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon, uji beda, dan uji gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran multikultural pada anak usia dini untuk menanamkan nilai toleransi menggunakan storytelling berbasis cerita rakyat menghasilkan produk model pembelajaran multikultural dalam bentuk buku panduan model pembelajaran multikultural dan buku cerita rakyat. (2) Model pembelajaran multikultural pada anak usia dini untuk menanamkan nilai toleransi menggunakan storytelling berbasis cerita rakyat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan respon guru. (3) Model pembelajaran multikultural pada anak usia dini untuk menanamkan nilai toleransi menggunakan storytelling berbasis cerita rakyat efektif digunakan berdasarkan nilai rata-rata N-Gain Score sikap toleransi pada anak usia dini berada pada kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran multikultural, Anak usia Dini, Storytelling, Cerita rakyat
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:45
Last Modified: 22 Mar 2024 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81438

Actions (login required)

View Item View Item