Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Budidaya Ayam Pedaging Berbasis Zero waste untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa.

Hadikusuma, M.F. and Sukirno, Sukirno (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Budidaya Ayam Pedaging Berbasis Zero waste untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_m. f. hadikusuma_16703261036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa berupa kandang budidaya, buku panduan penggunaan kandang, dan modul budidaya ayam pedaging. Menguji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Menguji keefektifan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Menganalisis kepraktisan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian dilaksanakan berdasarkan metode research and development yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel 4D. Subjek penelitian adalah mahasiswa keguruan di STKIP Majenang, perguruan tinggi swasta wilayah LLDIKTI 6 eks Karesidenan Cilacap. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan one sample t test design dan teknik analisis data menggunakan uji t. Uji coba diperluas dilaksanakan dengan one sample t test design, penghitungan uji dilakukan menggunakan SPSS 26 dan Uji kepraktisan peneliti menggunakan Conten Validity Index (CVI) yang dibantu dengan microsoft excel. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa berupa kandang budidaya, buku panduan penggunaan kandang, dan modul budidaya ayam pedaging. (2) Media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media dan menghasilkan kelayakan dengan kategori tinggi. (3) Uji coba kepraktisan media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste menghasilkan media pembelajaran yang praktis digunakan dengan kategori baik, (4) Uji efektivitas menunjukkan media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste yang dihasilkan efektif meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, zero waste
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:51
Last Modified: 20 Mar 2024 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81420

Actions (login required)

View Item View Item