Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Kwartet Makanan Bergizi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Slow Learner di Sekolah Menengah Pertama Inklusi

Danangjaya, Dalu (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Kwartet Makanan Bergizi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Slow Learner di Sekolah Menengah Pertama Inklusi. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dalu danangjaya_22633251011.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis kartu kwartet pada materi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk peserta didik slow learner di sekolah menengah pertama inklusi Kabupaten Bantul. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media dan ahli materi pada media pembelajaran KARTET MAGIZ pada materi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk peserta didik slow learner di sekolah menengah inklusi Kabupaten Bantul. 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran KARTET MAGIZ dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik slow laerner materi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang.. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation). Validasi penelitian dilakukan oleh dua ahli materi dan satu ahli media. Populasi penelitian ini adalah peserta didik berkebutuhan khusus slow learner di sekolah menengah pertama inklusi Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa total sampling dengan jumlah responden 27 peserta didik slow learner dari tiga sekolah menengah pertama inklusi di Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik slow learner di Kabupaten Bantul Uji coba dilakukan meliputi dua tahapan yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data penelitian menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pengembangan media KARTET MAGIZ melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, 2) kelayakan media pembelajaran KARTET MAGIZ dinilai berdasarkan : a) aspek media memperoleh rata-rata nilai 3,63 dengan kategori “Sangat Layak”, b) aspek materi memperoleh rata-rata nilai 3,31 dengan kategori “Layak”, c) uji coba skala besar memperoleh rata-rata 3,22 dengan kategori “Layak”, 3) penilaian peserta didik terhadap peningkatan pengetahuan pengetahuan mengenai materi Makanan Bergizi dan Seimbang berdasarkan uji Paired Sample T-Test diperoleh dengan hasil mean post-test 44,26 > Mean pre-test 30,74 dengan peningkatan sebesar 43,98% peningkatan ini dikatakan signifikan karena nilai sig(2-tabel) 0,00 <0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KARTET MAGIZ layak untuk digunakan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik slow learner.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, makanan sehat dan begizi seimbang, kartu kwarte
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:03
Last Modified: 22 Mar 2024 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81406

Actions (login required)

View Item View Item