Perbedaan Kecepatan, Kelincahan, Power Tungkai, dan Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola SSO Real Madrid Foundation UNY dengan SSB STFA (Sleman Timur Football Academy)

Syafril, Delvieri (2024) Perbedaan Kecepatan, Kelincahan, Power Tungkai, dan Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola SSO Real Madrid Foundation UNY dengan SSB STFA (Sleman Timur Football Academy). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_delvieri syafril_20602241035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan kecepatan pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. (2) Untuk mengetahui perbedaan kelincahan pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. (3) Untuk mengetahui perbedaan power tungkai pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. (4) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan dribbling pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. Penelitian ini merupakan deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA yang berjumlah 312 pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriterianya yaitu (1) Mengikuti tes dan pengukuran sesuai prosedur dari awal hingga akhir, (2) pemain SSO RMF UNY dengan SSB STFA usia 12-13 tahun, (3) masih aktif mengikuti latihan, (4) Tidak pernah bolos dalam latihan. Berdasarkan hal tersebut yang memenuhi sampel berjumlah 40 pemain dengan rincian 20 pemain SSO RMF UNY dan 20 pemain SSB STFA. Instrumen kecepatan menggunakan tes lari 20 meter, kelincahan menggunakan Illinois Agility Test, power tungkai menggunakan vertical jump, dan kemampuan dribbling menggunakan Short Dribbling Test. Analisis data menggunakan independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan kecepatan pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. Kecepatan pemain sepakbola SSO RMF UNY lebih baik daripada kecepatan pemain sepakbola SSB STFA, dengan selisih sebesar 0,28 detik. (2) Ada perbedaan yang signifikan kelincahan pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. Kelincahan pemain sepakbola SSO RMF UNY lebih baik daripada kelincahan pemain sepakbola SSB STFA, dengan selisih sebesar 0,67 detik. (3) Ada perbedaan yang signifikan power tungkai pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. Power tungkai pemain sepakbola SSB STFA lebih baik daripada power tungkai pemain sepakbola SSO RMF UNY, dengan selisih sebesar 4,7 cm. (4) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan dribbling pemain sepakbola SSO RMF UNY dengan SSB STFA. Kemampuan dribbling pemain sepakbola SSO RMF UNY lebih baik daripada kemampuan dribbling pemain sepakbola SSB STFA, dengan selisih sebesar 0,90 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Herwin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kelincahan, power tungkai, kemampuan dribbling, SSO RMF UNY dengan SSB STFA
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:10
Last Modified: 18 Mar 2024 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81369

Actions (login required)

View Item View Item