Wirayani, Axnes Putrima (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER 2 BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_AXNES PUTRIMA WIRAYANI_19108241129.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) untuk menjelaskan proses meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui metode SQ3R pada siswa kelas V SDN Sumber 2 Berbah Sleman; (2) untuk mengetahui hasil proses meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sumber 2 Berbah Sleman melalui metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Sumber 2 yang terletak di Berbah, Sleman, Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sumber 2. Teknik dan instrument pengumpulan data penelitian ini adalah (1) teknik tes, yaitu tes uraian keterampilan membaca pemahaman; (2) teknik nontes (observasi) dan dokumentasi pelaksanaan penelitian. Selanjutnya menganalisis data hasil observasi dan tes keterampilan membaca pemahaman dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Proses meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada siklus I yang ditunjukan dengan presentase ketercapaian indikator observasi aktivitas guru dengan memperoleh persentase sebanyak 73% dan observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebanyak 75%, kemudian meningkat pada siklus II dengan presentase ketercapaian indikator observasi aktivitas guru memperoleh sebanyak 100% dan observasi aktivitas siswa memperoleh persentase sebanyak 93,75%. Hasil proses meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman dari pratindakan ke tindakan siklus II dilihat dari hasil rata-rata tes sebesar 37 dan presentase siswa dinyatakan tuntas sebesar 65%. Saran yang diberikan penulis adalah (1) guru diharapkan dapat menggunakan metode SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa; (2) siswa diharapkan memiliki keinginan untuk membaca secara mandiri mengikuti Langkah-langkah metode SQ3R; (3) penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi untuk peneliti melakukan penelitian selanjutnya. Kata kunci : metode SQ3R, membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 04:17 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 04:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |