PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS IV SD NEGERI BLONDO MUNGKID MAGELANG

Kumalasari, Mega Renny (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS IV SD NEGERI BLONDO MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Mega Renny Kumalasari_19108241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa melalui model kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Blondo Mungkid Magelang. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan merespon suatu permasalahan, sehingga mendorong peningkatan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Blondo yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SD Negeri Blondo. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan siswa yang tuntas dan peningkatan nilai rata-rata hasil tes berbasis HOTS. Pada pra-siklus terdapat 23,80% siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 58,1 kemudian pada siklus I meningkat 52,38% siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 72,5 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 80,95% siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran Bahasa Indonesia, model kooperatif tipe think pair share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:52
Last Modified: 05 Mar 2024 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81236

Actions (login required)

View Item View Item