ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SUSUKAN BANJARNEGARA

Choirunnisa, Isna (2024) ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SUSUKAN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_18108241033_PGSD_ISNA CHOIRUNNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca yang dialami oleh seorang siswa kelas III SD Negeri 1 Susukan, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada seorang siswa kelas III SD Negeri 1 Susukan, serta upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu seorang siswa kelas III di SD Negeri 1 Susukan Banjarnegara yang mengalami kesulitan membaca. Pengumpulan data diambil melalui tes membaca lisan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes membaca lisan, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas III SD Negeri 1 Susukan yaitu pengucapan lafal pada setiap kata kurang tepat, penggunaan intonasi tidak tepat, belum lancar dalam membaca dan perlu bantuan guru, serta suara tidak jelas dan tidak lantang terdengar oleh seluruh audien. Faktor-faktor penyebab kesulitan membaca ada dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor fisiologis dan faktor psikologis, sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu tersedianya bahan bacaan yang bervariasi, pemberian motivasi kepada siswa, pemberian jam tambahan untuk belajar membaca, dan komunikasi dengan orang tua. Sedangkan upaya siswa yaitu membaca bacaan yang disertai dengan gambar, berlatih membaca dari handphone ketika sedang menonton youtube atau bermain game, dan melaksanakan jam tambahan di sekolah dan belajar membaca di rumah. Kata Kunci : Faktor penyebab, Kesulitan membaca, Upaya mengatasi kesulitan membaca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:57
Last Modified: 04 Mar 2024 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81227

Actions (login required)

View Item View Item