PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS III KAPANEWON SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Rosian, Maya (2024) PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS III KAPANEWON SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Maya Rosian_19108241120.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus III Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-gugus III Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 172 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel penelitian dihitung menggunakan rumus slovin dengan sampling error sebesar 5%, untuk menentukan jumlah sampel pada masing-masing sekolah digunakan rumus proporsi alokasi dan didapatkan hasil sampel sebanyak 120 siswa. Data dalam penelitian diambil menggunakan kuesioner. Uji coba dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dilakukan dengan judgment expert dan uji korelasi pearson (Product Moment). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap konsentrasi belajar siswa, dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05, serta perolehan nilai thitung>ttabel, yaitu 5.537>1,657. Nilai regresi dalam penelitian ini bernilai positif, yang memiliki makna bahwa pengaturan tempat duduk secara positif berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa. Besarnya pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap konsentrasi belajar siswa ialah sebesar 20,6%. Kata kunci: konsentrasi belajar, pengaturan tempat duduk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:54
Last Modified: 04 Mar 2024 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81210

Actions (login required)

View Item View Item