PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE- GUGUS UTARA KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN MAGETAN

Fitriananda, Biutika (2024) PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE- GUGUS UTARA KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN MAGETAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Biutika Fitriananda_19108244046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemandirian belajar siswa kelas V SD se-gugus Utara Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas pemberian PR terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD se-gugus Utara Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu siswa kelas V SD segugus Utara Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan yang berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) intensitas pemberian pekerjaan rumah pada siswa kelas V SD se- Gugus Utara Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 57,69%; (2) tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas V SD se – Gugus Utara Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan brada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 60,26%; (3) terdapat pengaruh antara intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap kemandirian belajar terbukti mel l i pe m n eg e i 12,435 + 0,842X dengan nilai signifikansi sebesar 0< 0,05, maka H0 ditolak, yang artinya Intensitas pemberian PR berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Se-Gugus Utara, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat memprediksi sebesar 61,5% terhadap kemandirian belajar, sedangkan 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai R Square sebesar 0,615. Kata kunci: intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR), kemandirian belajar, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:08
Last Modified: 04 Mar 2024 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81208

Actions (login required)

View Item View Item