HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KALINGGA TASIKMADU KARANGANYAR

Julaikah, Antika Asri (2024) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KALINGGA TASIKMADU KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_Antika Asri Julaikah_19108244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah ada hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Kalingga Tasikmadu Karanganyar; (2) Mengetahui seberapa erat hubungan self efficacy dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Kalingga Tasikmadu Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah dasar kelas V se-Gugus Kalingga Tasikmadu Karanganyar. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 185 siswa. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD se-Gugus Kalingga sejumlah 126 siswa dari 185 populasi. Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan sampling error sebanyak 5%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan skala. Instrument yang digunakan adalah raport siswa dan skala psikologi dengan Skala Likert. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi melalui proses review butir oleh ahli (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen skala self efficacy dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh nilai koefisien ɑ 0,939. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika (Y). Hal ini ditunjukkan dengan besarnya hubungan atau korelasi antara variabel self efficacy (X) dengan prestasi belajar (Y) yang ditunjukkan pada Pearson Correlation sebesar 0,733. Maka tingkat hubungan antara kedua variabel ini adalah kuat yang berada pada rentang 0,600 – 0,799. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa self efficacy memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Kalingga Tasikmadu Karanganyar. Kata Kunci : Self efficacy, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:40
Last Modified: 04 Mar 2024 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81201

Actions (login required)

View Item View Item