PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG GABUNGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KAWAT BANGUN RUANG DI KELAS VI SD N BACIRO

Oktaviani, Ernisa (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG GABUNGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KAWAT BANGUN RUANG DI KELAS VI SD N BACIRO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI ERNISA OKTAVIANI_PGSD_19108244086 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar matematika pada materi bangun ruang gabungan di kelas VI SD N Baciro. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bangun ruang gabungan dengan menggunakan media pembelajaran kawat bangun ruang pada siswa kelas VI SD N Baciro, Kec. Gondokusuan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI di SD N Baciro yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran kawat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang gabungan. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata pra tindakan 57,75, siklus I adalah 64,04 dan siklus II sebesar 77,34, sedangkan untuk ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 24,13%, kemudian meningkat 27,59% pada siklus I menjadi 51,72% dan pada siklus II meningkat 31,03% menjadi 82,75%. Aktivitas siswa ketika pembelajaran meningkat 16,25% dari siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Kata Kunci : Hasil belajar kognitif, kawat bangun ruang, bangun ruang gabungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:22
Last Modified: 04 Mar 2024 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81199

Actions (login required)

View Item View Item