AHMAD FAIQ, ABROR (2012) MATHEMATICS ADVENTURE GAMES BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD NEGERI JETIS 1. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover-08520244018.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1-08520244018.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2-08520244018.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -08520244018.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -08520244018.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi game untuk media pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat, dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi tersebut sebagai media pembelajan pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri Jetis 1. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Pengujian yang dilakukan berupa alfa testing yaitu validasi oleh expert judgment yaitu ahli media dan ahli materi, beta testing uji coba oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta dengan melibatkan 30 orang siswa. Metode dalam pengumpulan data berupa angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian ke dalam interval penilaian kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi pengambangan media berbasis aplikasi game dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,32 pada kategori sangat layak, ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,34 pada kategori sangat layak, dan penilaian terhadap siswa kelas VI SD Negeri Jetis 1 diperoleh nilai rata-rata 4,36 pada kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi game “Mathematics Adventure Games” ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran matematika kelas VI SD Negeri Jetis 1. Berdasarkan hasil evaluasi nilai dan lama pemahaman, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran berbasis aplikasi game dapat mempermudah siswa kelas VI SD Negeri Jetis 1 dalam menerima dan memahami mata pelajaran matematika. Kata kunci : Role Playing Game, Media Pembelajaran berbasis Game, Operasi Bilangan Bulat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Playing Game, Media Pembelajaran berbasis Game, Operasi Bilangan Bulat |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 02:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8119 |
Actions (login required)
View Item |