PEMAHAMAN SOAL CERITA MELALUI PARAFRASE

Marhayati, Marhayati (2012) PEMAHAMAN SOAL CERITA MELALUI PARAFRASE. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 58.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Menyelesaikan soal cerita merupakan hal yang masih dirasakan sulit oleh siswa, karena dalam proses penyelesaiannya siswa harus menterjemahkan soal cerita ke dalam bentuk matematika. Berbagai jenis kesalahan yang dibuat siswa ketika menterjemahkan antara representasi termasuk kesalahan persamaan total, kesalahan perkalian, kesalahan pembalikan, kesalahan interval/titik, kesalahan diskrit/kontinu, kesalahan ikonik/sintaksis, kesalahan interpretasi, kesalahan preservation, kesalahan penerapan. Strategi pemahaman yang digunakan siswa dalam menterjemahkan soal cerita kedalam bentuk matematika, ada dua strategi pemahaman soal cerita yaitu a short-cut approach and a meaningful approach. Dalam short-cut approach mengacu sebagai direct translation, pemecah masalah mencoba untuk memilih bilangan dalam masalah dan istilah relasional kunci dan membangun rencana penyelesaian yang melibatkan penggabungan bilangan dalam masalah menggunakan operasi aritmatika yang utama dengan kata kunci. Dalam meaningful approach, mengacu pada problem model approach, pemecah masalah menterjemahkan pernyataan masalah ke dalam model mental dari situasi yang digambarkan dalam masalah. Model mental ini menjadi dasar untuk pengkonstruksian dari rencana penyelesaian. Dalam rangka memahami soal cerita siswa perlu untuk membaca soal dengan teliti. Membaca adalah proses aktif dimana pembaca berinteraksi dengan bacaan untuk membangun makna. Dalam proses memahami wacana siswa menyaring informasi melalui perilaku pengetahuan dengan tujuan untuk memahami bacaan. Cara yang dapat membantu siswa untuk memahami bacaan adalah dengan melakukan paraprase yaitu menguraikan dengan kata-kata sendiri. Pemahaman bacaan melalui parafrase yaitu ketika siswa diminta untuk mengikuti tiga langkah: membaca paragraf, mengidentifikasi gagasan utama dan rincian kunci, dan menyatakan kembali ke dalam kata-katanya sendiri. Kata kunci: soal cerita, strategi pemahaman, parafrase.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: soal cerita, strategi pemahaman, parafrase
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 07 Dec 2012 00:53
Last Modified: 07 Dec 2012 00:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item