PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRADENAN I KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

Alrasyid, Dinda Harun (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRADENAN I KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TAS_DINDA HARUN ALRASYID_19108249007_FIPP 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Kradenan I Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa mengalami penurunan dalam hasil belajar terutama pada Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Kradenan 1 Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang berjumlah 11 siswa. Desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif 76% dari jumlah siswa mencapai KKM ≥ 75. Kriteria keberhasilan pada ranah afektif yaitu rata-rata mencapai ≥ 76% atau berkriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri Kradenan I Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Pada siklus I, hasil belajar siswa pada ranah kognitif memperoleh presentase ketuntasan belajar sebesar 80% atau 9 siswa sudah mencapai KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 96% atau 10 siswa. Selisih rata-rata nilai siswa dari siklus I dan II yaitu 15,46 dari 80,90 meningkat menjadi 96,36. Hasil belajar siswa pada ranah sikap percaya diri siklus I memperoleh presentase 63,63% dan tanggung jawab 70,45%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase 79,54% untuk percaya diri dan 88,63% untuk tanggung jawab. Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:31
Last Modified: 28 Feb 2024 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81097

Actions (login required)

View Item View Item