PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAK DAN KEWAJIBANMELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DI KELAS IV SD NEGERI JAJAR 01 BLITAR

Ratmawati, Ajeng (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAK DAN KEWAJIBANMELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DI KELAS IV SD NEGERI JAJAR 01 BLITAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
AJENG RATMAWATI-BARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi hak dan kewajiban melalui model Think Pair and share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Jajar 01 Blitar. Setting penelitian ini adalah di dalam kelas IV SD Negeri Jajar 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar dengan waktu penelitian mulai tanggal 27 Desember 2022 sampai dengan 02 Februari 2023, dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki- laki dan 6 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data, menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil belajar siswa rata-ratanya meningkat yang pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 55% dan pada siklus II rata-rata mengalami peningkatan sebesar 86% atau rata-rata mengalami peningkatan sebesar 31%. Kata Kunci : Hasil Belajar, peserta didik kelas IV, SD Negeri Jajar 01,think Pair and Share, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:07
Last Modified: 28 Feb 2024 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81069

Actions (login required)

View Item View Item