PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KAPANEWON NANGGULAN

Fachrunnisa, Ella (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KAPANEWON NANGGULAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Ella Fachrunnisa 19108241135 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan tempat belajar yang membantu siswa dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi lingkungan sekolah dasar negeri se-Kapanewon Nanggulan; 2) mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Nanggulan tahun pelajaran 2022/2023; 3) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri se-Kapanewon Nanggulan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Nanggulan sebanyak 338 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 183 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi untuk data lingkungan sekolah dan dokumentasi untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan uji t. Sebelum analisis data, uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan 11 dari 21 SD Negeri se-Kapanewon Nanggulan termasuk dalam kategori lingkungan sekolah kurang baik dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup yang masih memerlukan bimbingan. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa di sekolah dengan kategori lingkungan baik dan siswa di sekolah dengan kategori lingkungan kurang baik. Kata kunci: lingkungan sekolah, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:38
Last Modified: 27 Feb 2024 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81044

Actions (login required)

View Item View Item