IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH GIRINYONO KABUPATEN KULON PROGO

Nurfitriana, Mila (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH GIRINYONO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI REV_MILA NURFITRIANA_18108241121.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius dan disiplin melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Girinyono Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sehingga subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius dan disiplin dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian. Kegiatan rutin pembiasaan karakter religius yang dilaksanakan meliputi: berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, melakukan perayaan hari-hari besar keagamaan, dan melaksanakan ibadah sehari-hari seperti sholat dhuha, sholat dhuhur, tadarus dan hafalan, infaq, dan TPA. Sedangkan kegiatan rutin pembiasaan karakter disiplin yang dilaksanakan meliputi: datang tepat waktu, memakai seragam sesuai jadwal, melaksanakan SOP pagi dan siang, melaksanakan piket, dan mengikuti kegiatan PKS. Kegiatan spontan meliputi kegiatan spontan dalam melaksanakan ibadah dengan mengingatkan dan mengajak siswa untuk melaksanakan ibadah, memberi teguran kepada siswa yang tidak melaksanakan ibadah atau ramai ketika orang lain sedang beribadah serta kegiatan spontan dalam pembiasaan sikap disiplin dengan mengingatkan siswa untuk selalu disiplin, menegakkan aturan dan tata tertib dengan pemberian sanksi, serta memberi pujian kepada warga sekolah yang disiplin. Keteladanan meliputi keteladanan dalam melaksanakan ibadah dengan memberi teladan beribadah tepat waktu dan keteladanan dalam pembiasaan sikap disiplin dengan memberi teladan disiplin waktu dan disiplin dalam berpakaian. Pengondisian karakter religius dengan menyediakan fasilitas yang dapat dipergunakan untuk beribadah dan pengondisian karakter disiplin dengan menyediakan tata tertib sekolah dan menyediakan catatan kehadiran. Kata kunci : Pendidikan, Karakter Religius, Karakter Disiplin, Budaya Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:08
Last Modified: 16 Feb 2024 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80862

Actions (login required)

View Item View Item