RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO

Khasanah, Irma Faridhatul (2024) RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Naskah Skripsi_Irma Faridhatul Khasanah_16108244062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, tahun ajaran 2022/2023 yang masing-masing sekolah diambil sampelnya, di mana semuanya sebanyak 151 siswa. Data penelitian diperoleh melalui metode observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson. Sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23, diperoleh ke-40 pernyataan instrumen dari angket mengenai tingkat religiusitas siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan untuk mengetahui religiusitas siswa digunakan standard deviasi. Hasil penelitian menunjukkan, religiusitas siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi karena dinyatakan dalam kategorisasi menunjukkan persentasenya 80,1% dengan frekuensi 121 dari 151 responden dengan rincian berikut ini. 1) Kategorisasi ideologis adalah tinggi ditunjukkan persentasenya 84,1% dengan frekuensi 127 dari 151 responden. 2) Kategorisasi ritualistik adalah tinggi ditunjukkan persentasenya 92,1% dengan frekuensi 139 dari 151 responden. 3) Kategorisasi pengalaman adalah tinggi ditunjukkan persentasenya 87,4% dengan frekuensi 132 dari 151 responden. 4) Kategorisasi konsekuensi adalah tinggi ditunjukkan persentasenya 54,3% dengan frekuensi 82 dari 151 responden. 5) Kategorisasi pengetahuan adalah sedang ditunjukkan persentasenya 56,3% dengan frekuensi 85 dari 151 responden. Kata kunci : religiusitas siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:14
Last Modified: 16 Feb 2024 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80861

Actions (login required)

View Item View Item