Pengembangan Model Pelatihan Plyometric Untuk Meningkatkan Secara Serempak Reaktif Agility dan Eksplosive Power Kinerja Kumite Karate Yogyakarta

Hikmah, Nur (2024) Pengembangan Model Pelatihan Plyometric Untuk Meningkatkan Secara Serempak Reaktif Agility dan Eksplosive Power Kinerja Kumite Karate Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nur hikmah_21632251017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan pleomatrik untuk meningkatkan reaktif agility eksplosive power atlet karate. Secara rinci tujuan peneilian ini adalah (1) Untuk mengembangkan model kombinasi jenis latihan plyometrik dan reaktif agility atlet karate katagori kumite (2) Untuk mengembangkan model kombinasi jenis latihan plyometrik dan reaktif agility atlet karate katagori kumite (3) Untuk menganalisis kelayakan model kombinasi jenis latihan plyometrik dan reaktif agility atlet karate katagori kumite (4) Untuk menguji efektifitas model kombinasi jenis latihan plyometrik dan reaktif agility terhadap reaktif agility dan eksplosive power atlet karate katagori kumite. Metode penelian (Metode penelitiaan yang digunakan adalah research & development (R&D), dari Borg & Gall. Uji Validasi model latihan ini dilakukan oleh 7 orang ahli menggunakan rumus Aiken, uji relibilitas model latihan ini dilakukan oleh 20 atlet karate dengan nilai cronbach alpha 0.731 dan icc 0,731 kemudian dilakukan oleh 5 atlet dan uji coba kelompok besar 15 atlet. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan model pelatihan plyometrik untuk meningkatkan secara serempak reaktif agility dan eksplosive power atlet karate katagori kumite. Hasil Deskripsi Pretest dan Postest pengalami peningkatan pada vertical jump yaitu 6 cm dan juga pada reaktive agility yaitu 0,11 detik, hasil uji normalitas masing-masing kelompok memperoleh nilai 0,765, 0,476, 0,523, 0, 0,744. Yang artinya signifikan karena lebih besar dari 0,05 berarti normal. Hasil Uji Homogenitas dengan taraf signifikan 0,05 dapat dihasilkan signifikan reaktif agility 0, 979 dan ekplosive power 0,414 dapat disebut hasil homogen, hasil Uji Manova taraf signifikan 0,05, Pillai’s 0,324, Wilks’Lambda 0,676, Hotelling’s Trace 0,479, Roys Largest Root 0,479 dapat dikatakan bahwa pengembangan model pelatihan plyomatrik untuk meningkatkan secara serempalk reaktif agility dan ekplosive atlet karate katagori kumite dapat meningkatkan fisik cabang olahraga karate secara serempak. Hasil Uji Coba Reliabilitas nilai cronbach alpha 0.731 dan icc 0,731. Teknik tes pengukuran. Analisis data uji ahli menggunakan analisis Aiken. Analisis data uji kelayakan menggunakan kualitatif. penelitiaan pre eksperimen dengan desain time seri.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: reactive agility, eksplosive power, atlet kumite karate
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:31
Last Modified: 13 Feb 2024 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80812

Actions (login required)

View Item View Item