PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PENDIDIKAN KARAKTER MUATAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD BALONG TIMBULHARJO SEWON BANTUL

Mubarokah, Lailatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PENDIDIKAN KARAKTER MUATAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD BALONG TIMBULHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_LAILATUL MUBAROKAH_19108241016_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran di SD Balong, Timbulharjo, Sewon, Bantul dalam proses penyelenggaraan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) menghasilkan media ular tangga pendidikan karakter muatan sikap sopan santun, 2) mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan media ULTOSA (Ular Tangga Sopan Santun) untuk pembelajaran sopan santun pada pembelajaran PPKn tema 1 “Panas dan Organ Gerak Hewan dan Manusia” di kelas V SD Balong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Tempat penelitian ini adalah SD Balong, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Kelayakannya media ULTOSA dinilai oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan kepraktisan media dinilai oleh 20 siswa dan guru kelas V SD Balong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan skala penilaian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan satu paket produk media pembelajaran berupa permainan ular tangga pendidikan karakter muatan sikap sopan santun. Media terdiri dari papan permainan ular tangga, dadu, pion, kartu soal, kartu informasi, dan buku panduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ULTOSA telah dinyatakan layak dan praktis digunakan. Hasil validasi media oleh ahli materi mendapat rerata skor akhir 4,8 (sangat layak). Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media mendapat rerata skor akhir 4,8 (sangat layak). Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh rerata skor 4,7 (sangat praktis). Hasil uji coba lapangan awal memperoleh rerata skor 4,6 (sangat praktis). Hasil uji coba lapangan utama memperoleh rerata skor 4,7 (sangat praktis). Kata kunci: media ular tangga, sikap sopan santun, pembelajaran PPKn, kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:14
Last Modified: 12 Feb 2024 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80656

Actions (login required)

View Item View Item