RETNO , WULANDARI (2012) KORELASI PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATKA DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GAMPING TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08108247074.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08108247074.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08108247074.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08108247074.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08108247074.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, korelasi minat belajar dengan prestasi belajar matematika, korelasi persepsi dan minat secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika, sumbangan relatif dan efektif persepsi terhadap prestasi belajar matematika, sumbangan relatif dan efektif minat terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster quota random sampling secara undian. Metode pengumpulan data menggunakan angket model Skala Likert untuk pengumpulan data persepsi serta minat belajar matematika. Sedang untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika menggunakan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi ganda, sedang uji asumsi (pra syarat) menggunakan teknik chi kuadrat (X 2 ) untuk uji normalitas, sedang untuk uji linieritas menggunakman teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif signifikan persepsi dengan prestasi belajar matematika, korelasi positif signifikan minat dengan prestasi belajar matematika, ada korelasi positif signifikan persepsi dan minat secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. Sumbangan relatif sebesar 74,228%, sumbangan efektif persepsi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 70,385%, sumbangan relatif minat terhadap prestasi belajar matematika sebesar 25,772%, dan sumbangan efektifnya sebesar 24,437%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | korelasi, persepsi pelajaran matematika, minat belajar matematika, prestasi belajar matematika |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 02:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8060 |
Actions (login required)
View Item |