PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS JOGOTIRTO KAPANEWON BERBAH

Oktavia, Anggita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS JOGOTIRTO KAPANEWON BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_Anggita Oktavia (19108241112).pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media komik edukatif yang layak digunakan oleh siswa kelas V sekolah dasar pada Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) Subtema 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan) khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall dengan tujuh langkah, meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan produk awal, 3) mengembangkan produk awal 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk operasional. Uji coba lapangan awal dilakukan pada guru dan siswa kelas V di SD Muhammadiyah Bulu sebanyak 12 siswa. Uji coba lapangan utama dilakukan di SD Negeri Jagamangsan 2, SD Negeri Jagamangsan 3, dan SD Negeri Kranggan sebanyak 48 siswa. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukan media komik edukatif proklamasi kemerdekaan yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli materi 4,9 (sangat baik) dan validasi ahli media 4,3 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan awal guru 4 (sangat baik) dan siswa 3,9 (sangat baik) sedangkan hasil uji coba lapangan utama guru 4,3 (sangat baik) dan siswa 4,1 (sangat layak). Media komik edukatif proklamasi kemerdekaan mampu menarik minat dan motivasi siswa mempelajari proklamasi kemerdekaan dan menambah variasi media pembelajaran. Kata kunci: komik, pembelajaran IPS, Kelas V, peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:54
Last Modified: 06 Feb 2024 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80560

Actions (login required)

View Item View Item