ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI JATIWANGSAN KEMIRI PURWOREJO

Muthoharoh, Larasati Issatul (2024) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI JATIWANGSAN KEMIRI PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_LARASATI ISSATUL MUTHOHAROH_19108241121_PGSD (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan di SD Negeri Jatiwangsan Kemiri Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dan guru kelas I di SD Negeri Jatiwangsan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah: lembar observasi, lembar tes membaca, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa kelas I SD Negeri Jatiwangsan yang masih kesulitan membaca. Kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas I SD Negeri Jatiwangsan tersebut adalah: 1) kurang mengenal huruf yaitu huruf “b” dengan “d”, “p” dengan “q”, “m” dengan “n”, “v” dengan “w”, “i” dengan “j”, dan “v” dengan “f”, 2) kesulitan membaca huruf yang bentuknya mirip, baik bentuk huruf maupun pelafalannya, 3) kesulitan mengeja, 4) penghilangan huruf, dan 5) penggantian huruf. Penyebab kesulitan membaca permulan yang dialami oleh siswa kelas I SD Negeri Jatiwangsan adalah: 1) siswa malas membaca, 2) siswa kurang melatih kemampuan membacanya di rumah, 3) siswa belajar membaca hanya kadang-kadang, 4) siswa tidak memiliki buku membaca permulaan di rumah, 5) siswa tidak pernah mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah: 1) menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif berupa kartu huruf dan buku cepat baca, 2) meningkatkan rasa percaya diri pada siswa, 3) memberikan penguatan dan motivasi, 4) memberikan program khusus membaca remedial, 5) menyediakan buku panduan membaca permulaan berupa buku cepat baca. Kata Kunci : kesulitan, kesulitan membaca permulaan, siswa kelas I SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:57
Last Modified: 31 Jan 2024 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80486

Actions (login required)

View Item View Item