Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran PJOK Kelas IV SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman

Faza, Azka Rifki (2024) Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran PJOK Kelas IV SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_azka rifki faza_20604224085.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar dalam pembelajaran PJOK kelas IV SD Negeri Demakijo 1, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, khususnya dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian difokuskan pada populasi siswa kelas IV SD Negeri Demakijo 1 , yang berlokasi di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Pendekatan pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, dengan jumlah 26 siswa kelas IV dari SD Negeri Demakijo 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Demakijo 1 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fhitung = 0,467 sedangkan Ftabel= 4,667. Jika Fhitung < Ftabel ,Ha dengan nilai 0,467 < 4,667 dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan variable Motivasi Belajar. Maka dapat diartikan bahwa Ha: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Demakijo 1 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman diterima, dan konsekuensi Ho ditolak. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,723 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan variabel motivasi belajar sebesar 72,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, STAD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:17
Last Modified: 13 Feb 2024 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80451

Actions (login required)

View Item View Item