Perbedaan Motivasi Berlatih Bola Voli pada Mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Susila, Rafi Fajar (2024) Perbedaan Motivasi Berlatih Bola Voli pada Mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rafi fajar susila_19602244016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia. (2) mengetahui seberapa besar motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di UKM UNY. (3) mengetahui perbedaan motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan UKM UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan peserta UKM bola voli UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria dalam penentuan sampel ini meliputi: (1) mahasiswa aktif berlatih di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan UKM UNY, (2) bersedia menjad sampel, (3) mengisi penuh angket yang dikirim oleh peneliti. Berdasarkan kriteria tersebut, sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia yang berjumlah 17 mahasiswa dan peserta UKM bola voli UNY berjumlah 22 mahasiswa. Instrumen motivasi berlatih bola voli menggunakan angket. Analisis data menggunakan independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0,00% (0 mahasiswa), “rendah” sebesar 11,76% (2 mahasiswa), “cukup” sebesar 58,82% (10 mahasiswa), “tinggi” sebesar 23,53% (4 mahasiswa), dan “sangat tinggi” sebesar 5,88% (1 mahasiswa). (2) Motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di UKM UNY berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0,00% (0 mahasiswa), “rendah” sebesar 0,00% (0 mahasiswa), “cukup” sebesar 27,27% (6 mahasiswa) “tinggi” sebesar 50,00% (11 mahasiswa), dan “sangat tinggi” sebesar 22,73% (5 mahasiswa). (3) Ada perbedaan yang signifikan motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia dan UKM UNY, degan t hitung 3,103 > t tabel 1,687, dan p-value 0,002 < 0,05. Motivasi berlatih bola voli pada mahasiswa UKM UNY lebih baik daripada mahasiswa di Pusat Sukan UPSI Malaysia, dengan selisih rata-rata sebesar 10,95. Bagi mahasiswa yang motivasinya kurang diharapkan untuk meningkatkan motivasinya untuk berlatih bola voli karena banyak manfaatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Fauzi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi berlatih bola voli, UPSI Malaysia, UKM UNY
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:41
Last Modified: 13 Feb 2024 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80398

Actions (login required)

View Item View Item