Perbedaan Pengaruh Latihan Stretching Statis Pasif dan Proprioceptive Neuromuscular Facilitation Terhadap Tingkat Fleksibilitas Togok Siswa Pencak Silat Kazakhstan

Ramadhan, Luky Fatur (2024) Perbedaan Pengaruh Latihan Stretching Statis Pasif dan Proprioceptive Neuromuscular Facilitation Terhadap Tingkat Fleksibilitas Togok Siswa Pencak Silat Kazakhstan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_luky fatur ramadhan_20602241004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh tingkat fleksibilitas togok dengan menggunakan latihan stetching statis pasif; (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat fleksibilitas togok dengan menggunakan latihan stetching PNF; (3) Untuk mengetahui pengaruh perbandingan antara stretching statis pasif dan PNF terhadap tingkat fleksibilitas togok. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian yaitu two group pretest-posttest eksperimentall design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa pencak silat di Kazakhstan. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok perlakuan setelah dilakukannya ordinal pairing yaitu kelompok dengan latihan stretching statis dan kelompok dengan latihan stretching PNF. Subjek dites dan diukur tingkat fleksibilitas togoknya dengan menggunakan tes trunk and neck. Setelah melakukan tes, data diuji dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji linearitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian latihan stretching statis pasif memberikan perubahan yaitu dengan rata-rata pretest 22,3 dan posttest 23,03. Pada latihan stretching PNF juga memberikan perubahan yaitu 22,25 menjadi 23,63. Hasil stretching PNF memberikan dampak yang lebih baik yaitu sebesar 0,002% dari stretching statis.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Fauzi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: tingkat fleksibilitas, stretching statis pasif, stretching PNF
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:22
Last Modified: 12 Feb 2024 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80392

Actions (login required)

View Item View Item