Pengembangan Aktivitas Bermain Berbasis CGFUPM515 Untuk Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh di Sekolah Dasar

Arga, Muhammad Wahyu (2023) Pengembangan Aktivitas Bermain Berbasis CGFUPM515 Untuk Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh di Sekolah Dasar. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad wahyu arga_21608261002.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Lompat jauh seringkali menjadi jenis mata pelajaran Pendidikan Jasmani yang kurang diminati siswa, karena proses pembelajaranya yang cenderung membosankan yang kemudian berakibat pada kurangnya penguasaan keterampilan lompat jauh siswa, maka dari itu melalui penelitian ini peneliti berusaha untuk menemukan solusi dari adanya permasalahan tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan aktivitas bermain berbasis CGFU-PM515 dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk peningkatan keterampilan lompat jauh peserta didik, (2) Memvalidasi kelayakan aktivitas bermain berbasis CGFU- PM515 dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk peningkatan keterampilan lompat jauh peserta didik, (3) Menguji efektivitas aktivitas bermain berbasis CGFU PM 515 dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk peningkatan keterampilan lompat jauh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yaitu mengembangkan permainan berbasis CGFU-PM515 untuk peningkatan keterampilan lompat jauh siswa sekolah dasar. Prosedur penelitian ada 10 tahapan yang mengadopsi milik Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari: (1) tahap validasi dan reliabilitas antar rater berjumlah 12 ahli; (2) tahap uji coba produk, pada uji kelompok kecil berjumlah 30 siswa dan 10 guru, sedangkan pada uji kelompok besar berjumlah 71 siswa dan 20 guru, (3) pada uji efektivitas produk menggunakan siswa berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data untuk uji ahli menggunakan teknik Delphi, sedangkan analisis data yang digunakan untuk menguji validasi isi menggunkan formula Aiken-V, untuk uji reliabilitas antar rater menggunakan formula Intraclass Correlation Coefficient (ICC), untuk uji efektivitas menggunakan uji pairted sample test, serta dilakukan uji praktikalitas. Penelitian ini menghasilkan: (1) 20 aktivitas bermain berbasis CGFU-PM515 untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh siswa sekolah dasar, (2) 20 aktivitas bermain yang sudah tervalidasi kelayakanya, (3) 20 aktivitas bermain yang juga sudah teruji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh siswa sekolah dasar. Sedangkan hasil analisis data dalam penelitian ini yakni: (1) validitas ahli materi dinyatakan valid dengan rata-rata nilai V 0,88 dan kesepakatan antar rater baik yakni 0,766, (2) berdasarkan uji efektivitas yang dianalisis dengan uji paired sample test menunjukan hasil pada ranah penilaian skill sebesar 0.000, soft skill sebesar 0.005, performace sebesar 0.000 yang mana hasil tersebut menunjukan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dari diterapkanya produk yang dikembangkan. Dengan demikian produk berupa permainan berbasis CGFU-PM515 ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO. Kopromotor: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: permainan, CGFU-PM515, lompat jauh
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:30
Last Modified: 12 Feb 2024 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80384

Actions (login required)

View Item View Item