Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor dan Kerjasama Peserta Didik Kelas Bawah Sekolah Dasar

Wijayanti, Vita (2024) Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor dan Kerjasama Peserta Didik Kelas Bawah Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_vita wijayanti_21604251004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan format dan konstruksi model permainan yang dikembangankan untuk peningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor dan kerjasama peserta didik SD kelas bawah, 2) Mengetahui kelayakan dan kepraktisan model permainan yang dikembangkan untuk peningkatkan gerak dasar lokomotor dan kerjasama peserta didik sekolah dasar kelas bawah. 3) Menghasilkan permainan untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar lokomotor dan kerjasama bagi peserta didik SD Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Development, Dissemination. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Muntilan, SD Muhammadiyah Gunungpring, dan SD Muhammadiyah Tamanagung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji valididitas dan reliabilitas menunjukkan jika model pembelajaran PJOK berbasis permainan sederhana yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel, sehingga produk tersebut layak digunakan dalam model pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian guru dan peserta didik menunjukkan jika model pembelajaran PJOK berbasis permainan sederhana yang dikembangkan untuk meningkatkan gerak lokomotor dan kerjasama secara keseluruhan menyatakan baik sekali dengan hasil Guru memberikan penilaian terhadap Permainan Bola Beracun dengan persentase 94,44%, Permainan Estafet Gelang dengan pesersentase 95,55% dan Permainan Mencari Gambar dengan persentase 92,22%. Sedangkan Peserta Didik memberikan penilaian terhadap Permainan Bola Beracun dengan persentase 90,55%, Permainan Estafet Gelang dengan pesersentase 93,88% dan Permainan Mencari Gambar dengan persentase 89,44%. Sehingga dapat disimpulkan model permainan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan gerak lokomotor dan kerjasama bagi peserta didik SD.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: gerak dasar lokomotor, kerjasama, model pembelajaran PJOK, pengembangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:45
Last Modified: 07 Feb 2024 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80382

Actions (login required)

View Item View Item