Pengaruh Latihan Variasi Speed Ladder Drill dan Speed Cone Drill Terhadap Kemampuan Dribbling dan Kelincahan Siswa Sekolah Sepak Bola Yogyakarta

Saputra, Rizky (2024) Pengaruh Latihan Variasi Speed Ladder Drill dan Speed Cone Drill Terhadap Kemampuan Dribbling dan Kelincahan Siswa Sekolah Sepak Bola Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rizki saputra_22611251033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh latihan variasi Speed ladder drill dan Speed cone drill pada kemampuan dribbling dan kelincahan, (2) perbedaan pengaruh antara latihan variasi Speed ladder drill dan Speed cone drill terhadap kemampuan dribbling dan kelincahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain two group pretest and posttest design pada 20 siswa sekolah sepakbola Yogyakarta yang dibagi menjadai kelompok dengan latihan variasi speed ladder drill (n=10) dan speed cone drill (n=10). Latihan dilakukan selama 4 minggu, 360 menit per minggu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Test dribbling bobby carlton untuk mengukur kemampuan dribling dan illinois agility test untuk mengukur kelincahan. Dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah program latihan. Teknik analisis data menggunakan Uji t paired sample test untuk membandingkan data pretest dan posttest pada tiap perlakuan dan independent sample test untuk membandingkan selisih pretest dan posttest antara kedua kelompok dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Pretest kemampuan dribbling meningkat dari 8,89 menjadi 7,28 (p= 0,00) pada kelompok dengan perlakuan speed ladder drill dan dari 8,18 menjadi 7,93 (p= 0,00) pada kelompok dengan perlakuan speed cone drill. Pretest kelincahan meningkat dari 18,5 menjadi 16,3 (p= 0,00) pada kelompok dengan perlakuan speed ladder drill dan juga meningkat dari 18,2 menjadi 16,4 (p= 0,00) pada kelompok dengan perlakuan speed cone drill. (2) Tidak ditemukan perbedaan selisih peningkatan posttest dan pretest kemampuan dribbling dan kelincahan antara kedua kelompok. Dapat disimpulkan bahwa kedua jenis latihan dapat meningkatkan kemampuan dribbling dan kelincahan, dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan dribbling dan kelincahan diantara kedua perlakuan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Eka Swasta Budayati, M.S.
Uncontrolled Keywords: ladder drill, cone drill, dribbling, kelincahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:04
Last Modified: 06 Feb 2024 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80376

Actions (login required)

View Item View Item