Pengaruh Latihan Resistance band-Plyometric dan Konvensional Berdasarkan Jenis Kelamin Terhadap Kelincahan dan Keseimbangan Atlet Taekwondo Kabupaten Bantul

Firdausi, Aulia Ulfiana (2024) Pengaruh Latihan Resistance band-Plyometric dan Konvensional Berdasarkan Jenis Kelamin Terhadap Kelincahan dan Keseimbangan Atlet Taekwondo Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aulia ulfiana firdausi_22632251028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Menganalisis perbedaan pengaruh latihan kombinasi resistance-plyometric dan latihan konvesional terhadap kelincahan dan keseimbangan atlet Taekwondo Kabupaten Bantul. (2) Menganalisis pengaruh jenis kelamin terhadap kelincahan dan keseimbangan atlet Taekwondo Kabupaten Bantul. (3) Menganalisis interaksi jenis kelamin dan latihan kombinasi resistance-plyometric dan latihan konvesional terhadap kelincahan dan keseimbangan atlet Taekwondo Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen (desighn factorial 2x2). Populasi adalah atlet Taekwondo Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sample Purposive Sampling dengan Kriteria yang di ambil adalah para Atlet Taekwondo aktif kategori pertandingan Kyorugi berusia >17 Tahun (Kategori Senior) yang memiliki prestasi Taekwondo di ajang Nasional/Internasional (Elite) di Tahun 2020-2023. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kelincahan (Taekwondo-specific agility test (TSAT)) dan Tes Keseimbangan (Modified Bass Test of Dynamic Balance Test). Teknik Analisis data menggunakan MANOVA dua arah pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latihan resistance band-plyometric memiliki pengaruh signifikan yang lebih baik dengan rata-rata 7.929 (kelincahan) dan 73.5 (keseimbangan) dibandingkan dengan latihan konvensional rata-rata 7.269 (kelincahan) dan 59.5 (keseimbangan). Selisih waktu peningkatan antara kedua kelompok adalah 0.66 detik (kelincahan) , dan 14 poin (keseimbangan). (2) terdapat perbedaan signifikan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan terhadap nilai kelincahan dan keseimbangan. Atlet laki-laki memiliki rata-rata 7.819 (kelincahan) dan 72.75 (keseimbangan) dan perempuan memiliki rata-rata 7.379 (kelincahan) dan 60.25 (keseimbangan). Selisih antara kedua kelompok jenis kelamin adalah 0.44 detik (kelincahan) dan 12.5 poin (keseimbangan). (3) Interaksi antara jenis kelamin dan metode latihan juga terungkap, di mana kelompok A1B1 (Atlet laki-laki yang dilatih dengan latihan kombinasi resistanceband-plyometrik) diidentifikasi sebagai kelompok terbaik dalam peningkatan kelincahan dan keseimbangan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kelincahan, keseimbangan, resistance band, plyometric, taekwondo
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:55
Last Modified: 06 Feb 2024 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80357

Actions (login required)

View Item View Item