Perbandingan Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 1 Kartasura Dengan Madrasah Muallimin Yogyakarta

Faizin, Muhammad Noor (2024) Perbandingan Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 1 Kartasura Dengan Madrasah Muallimin Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad noor faizin_20602244023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 1 Kartasura dan Madrasah Muallimin Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelititan ini menggunakan instrumen yang berbentuk (kuisioner). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 1 Kartasura berjumlah 30 orang dan 20 orang dari Madrasah Muallimin Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling atau melibatkan seluruh sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik SMP Negeri 1 Kartasura dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal yang mempunyai tingkat kepercayaan diri pada kategori “sangat rendah” sebesar 3,33% (1 peserta didik), “rendah” sebesar 40,00% (12 peserta didik), “cukup” sebesar 23,33% (7 peserta didik), “tinggi” sebesar 23,33% (7 peserta didik), dan “sangat tinggi” sebesar 10,00% (3 peserta didik), sedangkan peserta didik Madrasah Muallimin Yogyakarta mempunyai tingkat kepercayaan diri pada kategori “sangat rendah” sebesar 5,00% (1 peserta didik), “rendah” sebesar 30,00% (6 peserta didik), “cukup” sebesar 30,00% (6 peserta didik), “tinggi” sebesar 30,00% (6 peserta didik), dan “sangat tinggi” sebesar 5,00% (1 peserta didik). Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tingkat kepercayaan diri peserta didik SMP Negeri 1 Kartasura dan Madrasah Muallimin Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Herwin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, futsal, kepercayaan diri
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:53
Last Modified: 29 Jan 2024 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80346

Actions (login required)

View Item View Item