PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GODEAN I SLEMAN

Adventia, Yovita (2024) PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GODEAN I SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Yovita Adventia_19108244072_fulltext skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Godean I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group pretestposttest dengan sebuah kelompok eksperimen dan sebuah kelompok kontrol. Tempat penelitian dilakukan di SDN Godean I. Subjek penelitian adalah siswa SDN Godean I kelas IV A dan B. Kelas IV B dengan total 27 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas IV A dengan total 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan metode SQ3R, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, tes pilihan ganda dan studi dokumen. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan membaca pemahaman, lembar observasi, dan dokumen hasil belajar. Pengujian validitas dalam penelitian ini mengguankan teknik analisis butir. Pengukuran reliabilitas instrument penelitian untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dengan rumus cronbach’s alpha. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang dibantu dengan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran dengan metode SQ3R berpengaruh dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa SD kelas IV dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yang menunjukkan taraf signifikansi 0,000 dan < 0,05. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 84,56 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 74,89. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Godean I. Kata kunci: survey, question, read, recite, review (SQ3R), keterampilan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:39
Last Modified: 24 Jan 2024 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80323

Actions (login required)

View Item View Item