PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SD MUHAMMADIYAH INOVATIF MERTOYUDAN

Nurfatmaningrum, Desi (2024) PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SD MUHAMMADIYAH INOVATIF MERTOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TAS_Desi Nurfatmaningrum_18108241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pendidikan Karakter Kedisiplinan Siswa SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan. Pendidikan karakter kedisiplinan dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan telah melaksanakan pendidikan karakter kedisiplinan dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan kegiatan sosialisasi, analisis konteks, mendesain visi misi, kurikulum, serta kebijakan sekolah yang terintegrasi dengan pendidikan karakter kedisiplinan. Tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan tiga basis yaitu pendidikan karakter kedisiplinan berbasis kelas, berbasis budaya, dan berbasis masyarakat. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis kelas dilaksanakan dengan kegiatan intrakurikuler yang termuat dalam pembelajaran tematik dan secara kontekstual. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis budaya sekolah dilaksanakan dengan kegiatan pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis masyarakat dilaksanakan melalui kerjasama sekolah dengan orang tua, masyarakat, LSM dan DU/DI. Pada tahap evaluasi, SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan telah melakukan kegiatan monitoring secara berkelanjutan dengan menggunakan instrumen sendiri untuk kegiatan evaluasi. Selain itu pendidik juga memberikan umpan balik pada siswa. Kata kunci: disiplin, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:09
Last Modified: 24 Jan 2024 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80320

Actions (login required)

View Item View Item