PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS III KAPANEWON GALUR KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2022/2023

Pangestuti, Ivana Duwi (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS III KAPANEWON GALUR KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
IVANA-SKRIPSI-FINAL-REVISI-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan interaksi teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Se Gugus III Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2022/2023 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu motivasi belajar, interaksi teman sebaya, dan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena sampel yang diambil adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,385 dan signifikansi 0,000 serta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Psikologi Sosial
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:59
Last Modified: 24 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80318

Actions (login required)

View Item View Item