Pengaruh Latihan Sprint Water dan Sprint Drill Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta

Haris, Muh. Abdul (2024) Pengaruh Latihan Sprint Water dan Sprint Drill Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muh. abdul haris_19602241034.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Kecepatan merupakan kemampuan otot atau sekelompok otot untuk menjawab rangsang dalam waktu sesingkat atau secepat mungkin. Biomotor kecepatan sangat dibutuhkan dalam pencak silat karena digunakan dalam segala kondisi baik menyerang maupun bertahan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Sprint Water dan Sprint Drill terhadap kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian “Two Groups Pre Test-Post Test Design”. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 18 orang. Sampel diambil dari hasil total sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok Sprint Water dan kelompok Sprint Drill yang dibagi dengan menggunakan ordinal pairing. Latihan dilakukan 3 kali dalam satu minggu dengan total latihan sebanyak 16 kali pertemuan. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kecepatan tendangan sabit adalah norma tes yang telah disusun oleh Prof. Dr. Johansyah Lubis. Analisis data yang digunakan adalah uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan latihan Sprint Water terhadap kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta dengan nilai sig. (2-failed) 0,01 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan latihan Sprint Drill terhadap kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta dengan nilai sig. (2-failed) 0,04 < 0,05. (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan pengaruh latihan Sprint Water dan Sprint Drill terhadap kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kecepatan, pencak silat, sprint water, sprint drill, tendangan sabit
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:23
Last Modified: 29 Jan 2024 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80294

Actions (login required)

View Item View Item