Perbedaan Tingkat Motivasi Atlet Pencak Silat Tapak Suci Watukebo Juara Dengan Atlet Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember

Krisnawati, Veny Putri (2024) Perbedaan Tingkat Motivasi Atlet Pencak Silat Tapak Suci Watukebo Juara Dengan Atlet Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_veny putri krisnawati_20602241045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan salah satu penunjang prestasi pencak silat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan tingkat motivasi latihan antara atlet Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat motivasi latihan atlet Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember sehingga dapat diketahui perbedaan tingkat motivasi latihan kedua perguruan pencak silat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji beda atau uji T. Pengambilan data menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan data berupa angket. Populasi pada penelitian ini yaitu atlet Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember berjumlah 150 atlet dengan kriteia; 1) berusia 16-23 tahun, 2) berdomisili di Kabupaten Jember, 3) atlet asli Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Haati Terate Kabupaten Jember yang massih aktif latihan. Objek penelitian berjumlah 79 atlet pencak Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember. Uji coba instrument dengan menggunakan analisis korelasi pearson dilakukan pada 34 atlet pencak silat Assadurijal. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa; 1) diperoleh nilai rerata tingkat motivasi atlet Tapak Suci Watukebo Juara sebesar 118,438 dan 2) rerata tingkat motivasi atlet Persaudaraan Setia Hati Terate sebesar 121,065. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rerata nilai mean sebesar 2, 627. pada tingkat motivasi atlet pencak silat Tapak Suci Watukebo Juara dan Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Jember. Artinya bahwa tingkat motivasi Persaudaraan Setia Hati Terate lebih baik daripada Tapak Suci Watukebo Juara.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: motivasi, latihan, Tapak Suci Watukebo Juara, Persaudaraan Setia Hati Terate
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:24
Last Modified: 29 Jan 2024 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80279

Actions (login required)

View Item View Item