Hubungan Antara Kemampuan Motorik dan Pola Hidup Sehat dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro Kapanewon Kasihan Bantul

Amin, Olivia Al (2024) Hubungan Antara Kemampuan Motorik dan Pola Hidup Sehat dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro Kapanewon Kasihan Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_olivia al amin_20604221045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kemampuan motorik dengan kebugaran jasmani, (2) mengetahui hubungan antara pola hidup sehat dengan kebugaran jasmani, (3) mengetahui hubungan antara kemampuan motorik dan pola hidup sehat dengan tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro Kapanewon Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan desain penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro Kapanewon Kasihan Bantul, dengan mengambil sampelnya menggunakan purposive sampling dengan jumlah 58 peserta didik. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu, data kemampuan motorik menggunakan tes motor ability dari Nurhasan, pola hidup sehat menggunakan angket, dan kebugaran jasmani menggunakan TKJI 2010 untuk usia 10-12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan motorik dengan kebugaran jasmani, nilai signifikansi yaitu 0,11 < 0,05; (2) ada hubungan yang signifikan antara variabel pola hidup sehat dengan kebugaran jasmani, nilai signifikansi yaitu 0,007< 0,05; (3) ada hubungan yang signifikansi antara kemampuan motorik dan pola hidup sehat dengan tingkat kebugaran jasmani, dengan nilai signifikansi yaitu 0,015 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, kemampuan motorik, pola hidup sehat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jan 2024 09:30
Last Modified: 22 Jan 2024 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80268

Actions (login required)

View Item View Item