Hubungan Hasil Tes VO2Max Menggunakan Williams Swimming Beep Test dan Multistage Fitness Test pada Atlet Renang Se-Kabupaten Sleman

Oktaviani, Aisyah Syafa (2024) Hubungan Hasil Tes VO2Max Menggunakan Williams Swimming Beep Test dan Multistage Fitness Test pada Atlet Renang Se-Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aisyah syafa oktaviani_19602241017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil tes VO2Max menggunakan Williams Swimming Beep Test dan Multistage Fitness Test pada atlet renang se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah atlet renang di klub renang se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 93 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) bersedia menjadi subjek penelitian, (2) telah berlatih minimal 6 bulan, (3) masih aktif mengikuti latihan, dan (4) tidak sedang sakit atau cedera. Berdasarkan kriteria tersebut, sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 atlet, denga rincian 16 atlet putra dan 10 atlet putri. Instrumen kemampuan daya tahan VO2Max diukur menggunakan tes Williams Swimming Beep Test dan tes Multistage Fitness Test. Analisis data menggunakan analisis uji product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil tes VO2Max menggunakan Williams Swimming Beep Test dan Multistage Fitness Test pada atlet renang se-Kabupaten Sleman dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,866. Kesimpulan dari penelitian ini adalah William Swimming Beep test dan Multistage Fitness Test dapat digunakan untuk mengukur VO2max atlet renang. Kedua tes tersebut dapat digunakan untuk mengukur VO2max atlet renang dikarenakan sesuai dengan karakteristik kebutuhan gerak di renang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Risti Nurfadhila, M.Or.
Uncontrolled Keywords: VO2Max, Williams Swimming Beep Test, Multistage Fitness Test
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:37
Last Modified: 29 Jan 2024 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80265

Actions (login required)

View Item View Item