Pengaruh Latihan Menggunakan Bola Tenis dan Latihan Menggunakan Bola Size 2 Terhadap Kecepatan Reaksi Penjaga Gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta

Putra, Mulham Adinda (2023) Pengaruh Latihan Menggunakan Bola Tenis dan Latihan Menggunakan Bola Size 2 Terhadap Kecepatan Reaksi Penjaga Gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mulham adinda putra_20602241050.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untun mengetahui pengaruh latihan menggunakan bola tenis dan bola size 2 terhadap kecepatan reaksi penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Karena kecepatan reaksi merupakan salah satu komponen penting bagi penjaga gawang dalam mengantisipasi serangan lawan. Penelitian ini merupakan eksperimen yang menggunakan desain penelitian Two-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini mencakup semua penjaga gawang yang tergabung dalam SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta, dengan jumlah total sebanyak 12 penjaga gawang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Hand Touch Reaction Test dengan tingkat validitas dan reabilitas sebesar 0.656 dan 0.705. untuk menganilisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan menggunakan bola tenis terhadap kecepatan reaksi penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Apabila dilihat dari nilai mean different sebesar 0,10 dan rata-rata pretes A sebesar 1,40 hal ini menunjukkan bahwa latihan menggunakan bola tenis lebih baik memberikan konstribusi untuk meningkatan kecepatan reaksi penjaga gawang sebesar 7,14%. Sedangkan latihan menggunakan bola size 2 juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kecepatan reaksi penjaga gawang SSO Real Madrid Foundatin UNY. Apabila dilihat dari angka mean difference sebesar 0,70 dan rata-rata pretes B sebesar 1,36 hal ini menunjukkan bahwa latihan menggunakan bola size 2 memberikan konstribusi terhadap peningkatan kecepatan reaksi penjaga gawang sebesar 5,14%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kecepatan reaksi, penjaga gawang, latihan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:02
Last Modified: 22 Jan 2024 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80262

Actions (login required)

View Item View Item