Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Petama Pada Materi Kesegaran Jasmani

Fauziyah, Lailatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Petama Pada Materi Kesegaran Jasmani. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lailatul fauziyah_20633251018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kesegaran jasmani berbasis android untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kesegaran jasmani berbasis android (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kesegaran jasmani berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ASSURE (Analyze leaners, State Standards and Objectives, Select Strategies Media and Material, Utilize Material, Requires Learner Participation, Evaluate and Revise). Validasi penelitian dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba skala kecil, uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kesegaran jasmani berbaasis Android melalui enam tahap yaitu Analyze leaners, State Standards and Objectives, Select Strategies Media and Material, Utilize Material, Requires Learner Participation, Evaluate and Revise. (2) Kelayakan media dinilai berdasarkan pada: a) Penilaian ahli materi diperoleh rata-rata nilai 4,45 dengan persentase 89% masuk dalam kategori sangat layak, b) Penilaian ahli media diperoleh rata-rata nilai 4,44 dengan pesertase 8,9% masuk dalam kategori sangat layak, c) Uji coba skala besar peserta didik diperoleh rata-rata niali 4,61 dengan persentase 93,40% masuk dalam kategori sangat layak, d) Uji coba skala besar guru diperoleh rata-rata skor 4,70 dengan persentase 93,80% masuk dalam kategori sangat layak. (3) Berdasarkan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai mean posttest 67,50 > mean pretest 53,83 yang berarti ada peningkatan rata-rata sebesar 25%. Peningkatan ini dikatakan signifikan karena nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kesegaran jasmani berbasis android layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, kesegaran jasmani, Android
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:59
Last Modified: 18 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80231

Actions (login required)

View Item View Item