PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI BANJARHARJO

Rahmawan, Rizky (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI BANJARHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
FIX_After Sidang_Revisi Skripsi_Rizky Rahmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui melalui penerapan media audio visual di kelas IV SD Negeri Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Banjarharjo yang terdiri dari 22 siswa, dengan rincian 11 putra dan 11 putri. Teknik yang dipergunakan dalam menggumpulkan data adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tindakan adalah apabila siswa yang tuntas dari batasan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditentukan sebesar 75 dapat mencapai 75% dari keseluruhan siswa. Begitu pula dengan aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 85%. Proses peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui melalui penerapan media audio visual melibatkan seluruh siswa kelas IV untuk bersama-sama menyaksikan media audio visual yang ditayangkan oleh guru demi meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 83,3% hingga mencapai 93,75% dan peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 92,2% menjadi 94,4%. Peningkatan hasil tes Pendidikan Pancasila siklus I ke siklus II yakni sebanyak 16 siswa (72,7%) menjadi 18 siswa (81,8%) yang mencapai nilai KKTP dari keseluruhan siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 82,7 menjadi 85,5. Kata kunci: Pendidikan Pancasila, hasil belajar, media audio visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:52
Last Modified: 16 Jan 2024 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80188

Actions (login required)

View Item View Item