PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN 1 KOTA MAGELANG

Normayani, Lenia Dwi (2024) PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
skripsi_LENIA DWI NORMAYANI_19108244090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana implementasi Assessment Based Learning dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang, (2) Mengetahui peningkatan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang dengan implementasi Assessment Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas 2 kali pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi pembelajaran, lembar observasi keterlibatan siswa, kuesioner keterlibatan siswa, soal tes pemahaman konsep, dan pedoman wawancara siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penulisan menujukkan bahwa strategi Assessment Based Learning dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang. Peningkatan keterlibatan siswa dapat dilihat dari hasil kuesioner keterlibatan siswa. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari hasil tes pemahaman konsep. Hasil kuesioner menujukkan adanya kenaikan keterlibatan siswa pada siklus I sebesar 77% menjadi 83% pada siklus II. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 84% meningkat pada siklus II sebesar 92%. Kata Kunci: Assessment Based Learning, Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:04
Last Modified: 16 Jan 2024 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80178

Actions (login required)

View Item View Item