Korelasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pengembangan Kreativitas dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Awu Awu dan SD Negeri Wingkoharjo

Ali, Jaka Sayidina (2024) Korelasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pengembangan Kreativitas dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Awu Awu dan SD Negeri Wingkoharjo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_jaka sayidina ali_22604251013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi model pembelajaran Problem-Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning dengan kreativitas belajar dan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Awu Awu dan SD Negeri Wingkoharjo; dan menganalisis perbedaan antara kreativitas dan motivasi belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Awu Awu dan SD Negeri Wingkoharjo. Waktu Penelitian adalah bulan November 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas, yaitu kelas 6 dengan jumlah 40 peserta didik, yang terdiri dari 19 peserta didik di SD Negeri Awu Awu dan 21 peserta didik di SD Negeri Wingkoharjo. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket pernyataan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Product moment dan Uji t-Independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan kreativitas belajar peserta didik di SD Negeri Awu Awu dengan nilai pearson correlation = 0.660 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.002. Terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Awu Awu dengan nilai pearson correlation = 0.834 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.000. Terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan kreativitas belajar peserta didik di SD Negeri Wingkoharjo dengan nilai pearson correlation = 0.660 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.001. Terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wingkoharjo dengan nilai pearson correlation = 0.501 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.021. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar peserta didik pada penerapan kedua model pembelajaran dengan nilai signifikansi 0.064 untuk kreativitas belajar dan dengan nilai signifikansi 0.477 untuk motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: discovery learning, kreativitas belajar, motivasi belajar, Problem-Based Learning
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:17
Last Modified: 16 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80173

Actions (login required)

View Item View Item