Evaluasi Metode Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan Passing Bawah dan Atas Pembelajaran Bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu

Pangestu, Panji (2024) Evaluasi Metode Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan Passing Bawah dan Atas Pembelajaran Bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_panji pangestu_22633251016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode demonstrasi dan drill terhadap keterampilan passing bawah dan atas pembelajaran bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu berdasarkan Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK, peserta didik di SMK Negeri Kota Bengkulu. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, dengan rincian guru PJOK 11 orang, peserta didik 246 orang, Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Context evaluasi metode demonstrasi dan drill terhadap keterampilan passing bawah dan atas pembelajaran bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu hasilnya dengan Indikator merancang kegiatan belajar mengajar sebesar 2,48 kategori kurang, pengelolaan kelas sebesar 2,45 kategori kurang, dan penilaian sebesar 2,59 kategori baik secara keseluruhan untuk evaluasi context memiliki skor 2,51 dengan kategori baik . (2) Input evaluasi demonstrasi dan drill terhadap keterampilan passing bawah dan atas pembelajaran bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu hasilnya dengan indikator materi pembelajaran sebesar 2,45 pada kategori kurang dan keterampilan peserta didik sebesar 2,48 kategori kurang secara keseluruhan untuk evaluasi input dengan skor 2,46 pada kategori kurang. (3) Process evaluasi demonstrasi dan drill terhadap keterampilan passing bawah dan atas pembelajaran bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu hasilnya dengan Indikator kegiatan pembelajaran sebesar 2,50 pada kategori kurang dan kegiatan peserta didik sebesar 2,47 pada kategori kurang secara keseluruhan untuk evaluasi process dengan skor 2,47 masuk kategori kurang. (4) Product evaluasi demonstrasi dan drill terhadap keterampilan passing bawah dan atas pembelajaran bolavoli di SMK Negeri Kota Bengkulu hasilnya dengan indikator hasil pembelajaran sebesar 2,47 kategori kurang secara keseluruhan untuk evaluasi product dengan skor 2,47 kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ridho Gata Wijaya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bolavoli, evaluasi, demonstrasi, drill, passing
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:13
Last Modified: 15 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80158

Actions (login required)

View Item View Item