PENGEMBANGAN MEDIA “MONESA” (MONOPOLI NEGARAKU INDONESIA) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NEGARAKU INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KADIRESA PAJANGAN BANTUL

Azizah, Meyla Dewi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “MONESA” (MONOPOLI NEGARAKU INDONESIA) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NEGARAKU INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KADIRESA PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI MEYLA DEWI AZIZAH 19108241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran di SD Negeri Kadiresa, Triwidadi, Pajangan, Bantul dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) menghasilkan media MONESA (Monopoli Negaraku Indonesia), 2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan media MONESA untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Negaraku Indonesia di kelas IV SD Negeri Kadiresa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Subyek penelitian ini adalah kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri Kadiresa. Kelayakannya media MONESA dinilai oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan kepraktisan media dinilai oleh 13 siswa dan 1 guru kelas IV SD Negeri Kadiresa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan skala penilaian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan satu paket produk media pembelajaran berupa permainan Monopoli Negaraku Indonesia. Media terdiri dari papan permainan monopoli, pion, kartu tantangan, kartu hak milik, kartu belajar, kartu langkah, kotak bintang, bintang penghargaan, dan buku panduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MONESA telah dinyatakan layak dan praktis digunakan. Hasil validasi media oleh ahli materi mendapat rerata skor akhir 4,8 (sangat layak). Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media mendapat rerata skor akhir 4,42 (sangat layak). Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh rerata skor 4,8 (sangat praktis). Hasil uji coba kelompok awal memperoleh rerata skor 4,6 (sangat praktis). Hasil uji coba lapangan utama memperoleh rerata skor 4,55 (sangat praktis). Kata kunci: Media Monopoli, Negaraku Indonesia, Pendidikan Pancasila, Kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:53
Last Modified: 15 Jan 2024 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80154

Actions (login required)

View Item View Item