PENGEMBANGAN MEDIA “MATADAYA” (MAGIC TABLE BUDAYA) UNTUK MATA PELAJARAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI TIRTODRANAN

Cahyani, Belina Wahyu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “MATADAYA” (MAGIC TABLE BUDAYA) UNTUK MATA PELAJARAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI TIRTODRANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
4. REVISI SKRIPSI BELINA (1)_signed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran yang bervariatif di SD Negeri Tirtodranan, Purworejo, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) mengembangkan media pembelajaran MATADAYA, 2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan media MATADAYA “Magic Table Budaya” pada pembelajaran PPKn tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” di kelas V SD Negeri Tirtodranan, Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Tempat penelitian ini adalah SD Negeri Tirtodranan. Kelayakannya media MATADAYA dinilai oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan kepraktisan media dinilai oleh 24 siswa dan guru kelas V SD Negeri Tirtodranan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan skala penilaian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis permainan. Media terdiri dari meja, QR Code, papan permainan ular tangga, dadu, pion, kartu soal, kartu tantangan, dan buku panduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MATADAYA telah dinyatakan layak dan praktis digunakan. Hasil validasi media oleh ahli materi mendapat rerata skor akhir 4,66 (sangat layak). Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media mendapat rerata skor akhir 4,85 (sangat layak). Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh rerata skor 4,85 (sangat praktis). Hasil uji coba kelompok awal memperoleh rerata skor 4,7 (sangat praktis). Hasil uji coba lapangan utama memperoleh rerata skor 4,8 (sangat praktis). Kata kunci: media pembelajaran MATADAYA , keberagaman sosial dan budaya, pembelajaran PPKn, kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:36
Last Modified: 15 Jan 2024 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80149

Actions (login required)

View Item View Item