Pengaruh Game Situasi, Teams Games Tournament (TGT), dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran PJOK (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Karangtengah II Purwosari).

Marasati, Marasati (2024) Pengaruh Game Situasi, Teams Games Tournament (TGT), dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran PJOK (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Karangtengah II Purwosari). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_marasati_22604251004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Game Situasi, metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), dan gaya belajar terhadap hasil belajar pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N Karangtengah II Purwosari. Waktu penelitian adalah tanggal 23 Oktober 2023 sampai dengan 15 Desember 2023. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen gaya belajar, instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANOVA Two-Way. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ada pengaruh metode pembelajaran Game Situasi dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar pembelajaran PJOK, dengan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Dengan nilai Fhitung= 24,947> Ftabel = 2,95. Ada pengaruh yang signifikan antara peserta didik yang memiliki gaya belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik dengan nilai signifikansi 0,290 > 0,05 dan nilai Fhitung = 1,273 < Ftabel= 2,95.Metode Pembelajaran Game Situasi nilai pretest gaya belajar auditori memiliki rata rata 62,00, kinestetik 57,00 dan visual 62,20, nilai rata-rata tertinggi yaitu gaya belajar visual. Sedangkan saat posttest gaya belajar auditori memiliki rata-rata 71,40, kinestetik 69,25 dan visual 70,60, gaya belajar auditori memiliki rata rata tertinggi pada posttest metode pembelajaran Game Situasi. Dari metode pembelajaran Teams Games Tournament hasil pretest menunjukkan peserta didik dengan gaya belajar auditori memiliki rata rata 59.90, kinestetik 55.00 dan visual memiliki 55, 80,gaya belajar auditori memiliki rata-rata tertinggi. Hasil posttest menunjukkan gaya belajar auditori memiliki rata rata 73.00, kinestetik 72.00 dan visual 73.00, nilai rata-rata gaya belajar visual tertinggi pada nilai posttest Teams Games Tournament. Adanya perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Game Situasi, Teams Games Tournament dan Gaya Belajar terhadap hasil belajar PJOK.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: game situasi, gaya belajar, hasil belajar, Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:14
Last Modified: 23 Jan 2024 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80134

Actions (login required)

View Item View Item