HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KELURAHAN BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO

Istiqomah, Noor Aini (2024) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KELURAHAN BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Noor Aini Istiqomah_19108241098.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai kemandirian belajar yang ditemukan pada siswa kelas V SD Negeri se-Kelurahan Banjararum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kelurahan Banjararum Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan bentuk penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri se-Kelurahan Banjararum. Subjek penelitian ini berjumlah 114 siswa. Variabel yang dikaji yaitu efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Data diambil melalui skala efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas item instrumen. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, instrumen efikasi diri memiliki koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,826 dan instrumen kemandirian belajar memiliki koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,854. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Teknik analisis statistik inferensial terdiri atas tahap deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri seKelurahan Banjararum Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,630 dan nilai p atau sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga hubungan dapat dinyatakan positif dan signifikan. Kata Kunci: efikasi diri, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:03
Last Modified: 15 Jan 2024 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80133

Actions (login required)

View Item View Item