PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PEREDARAN DARAH (PAPEDA) PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD NEGERI BANYURIPAN

Afiffah, Mifta Nurul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PEREDARAN DARAH (PAPEDA) PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD NEGERI BANYURIPAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_Mifta Nurul Afiffah_17108241024_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Papan Peredaran Darah (PAPEDA) yang layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD Negeri Banyuripan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan oleh Borg & Gall dengan delapan tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan produk, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama 7) revisi uji coba lapangan utama, dan 8) uji coba operasional 9) Revisi produk final. Tempat penelitian adalah di SD Negeri Banyuripan Bantul. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Banyuripan Bantul. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket pengguna. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji coba media menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan aspek yang divalidasi dan diujikan. Hasil validasi media menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4 bi “sangat baik”. Hasil validasi materi menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,44 “sangat baik”. Uji coba lapangan utama mendapatkan skor rata-rata 95,3 % oleh peserta didik dan 3,8 oleh guru “sangat baik”. Uji coba operasional menunjukkan layak dengan skor rata-rata 87 “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut, media Papan Peredaran Darah (PAPEDA) dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi peredaran darah manusia kelas V di SD Negeri Banyuripan. Kata kunci: Papan Peredaran Darah, Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:53
Last Modified: 15 Jan 2024 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80094

Actions (login required)

View Item View Item